Indonesia Waspada Sampah Plastik



Indonesia Menyandang Predikat Kedua Di Dunia Sebagai Sampah Plastik Terbanyak Di Laut



Tumpukan sampah di pesisir pantai


Jakarta - Indonesia memang sangat indah namun jika dilihat lebih dekat sampah plastik yang ada di lautan begitu banyak sehingga Indonesia termasuk negara kedua di dunia sebagai sampah plastik terbanyak ke laut setelah negara Cina.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) pernah mencatat sampah plastik yang ada di Indonesia menghasilkan 64 juta ton dalam setahun. Dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Sampah plastik yang masuk ke laut dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut mikroplastics dengan ukuran 0,3 hingga 5 mm. Microplastics ini bisa mengancam ekosistem dan mudah dikonsumsi oleh hewan laut.
Sumber utama adanya sampah plastik tersebut yaitu berasal dari kemasan makanan dan minuman, kantong belanja, kemasan barang konsumsi dan pembungkus barang lainnya.

Dampak dari banyaknya sampah plastik yang ada di laut mengakibatkan seekor Paus Sperma (Physeter macrocephalus) mati karena menelan banyak sampah plastik. 


 Ikan Paus Sperma ditemukan terdampar dan mati di Wakatobi. Ratusan sampah plastik ditemukan di dalam perutnya.

Pada saat dibedah di dalam perut paus tersebut terdapat seberat 5,9 kilogram sampah plastik. Temuan ini mengindikasikan paus sepanjang 9,5 meter dan memiliki lebar 1,85 meter itu telah lama mengonsumsi sampah plastik yang tersebar di lautan. Bangkai paus ini terdampar di sekitar Pulau Kapota, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (18/11/2018).

Kabar mengenai paus mati tersebut mendapat perhatian serius dari Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Susi Pudjiastuti. “ Diramal tahun 2030 kalau tidak menjaga plastik di laut kita akan lebih banyak plastik daripada ikan, seperti sampah botol plastik air kemasan tidak boleh dibuang sembarangan,” ujar Susi di Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di indonesia yaitu masyarakat di indonesia tidak boleh membuang sampah sembarangan ke laut dan mengurangi penggunaan plastik contohnya seperti sedotan plastik dan kantong plastik sekali pakai dan bahan yang terbuat dari plastik lainnya. Dan jika berbelanja ke supermarket atau ke tempat lainnya disarankan tidak memkakai kantong plastik tetapi membawa wadah sendiri yang bisa digunakan lagi. Dan cara lain untuk mengatasi sampah plastik tersebut yaitu dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan yang berbahan sampah adalah dompet, tas, dan tikar.







Komentar

Postingan Populer