Oleh-Oleh Khas Pangalengan Yang Mesti Kamu Coba: Susu dan Kopi


Pangalengan terletak di daerah bandung selatan yang terkenal dengan tanahnya yang subur dan udara yang sejuk ditambah dengan hamparan pemandangan kebun teh yang hijau  yang membuat udara di daerah tersebut terbebas dari polusi. Pangalengan mayoritas masyarakatnya terkenal dengan petani sayuran, perkebunan teh, dan yang paling populer adalah peternak sapi perah. Peternak tersebut  menjual susu perahnya ke penampungan-penampungan yang ada di daerah nya masing-masing yang telah ditunjuk oleh Koperasi Pertenakan Bandung Selatan (KPBS). Koperasi ini berdiri sejak 22 Maret 1969 KBPS bekerja sama dengan perusahaan susu yaitu PT Frisian Flag.  



Kantor Pusat KPBS Pangalengan

Selain itu, susu-susu murni yang di dapat dari peternak sapi perah tersebut bisa di dapatkan  di beberapa toko oleh-oleh di Pangalengan. Jika tidak berkunjung ke Pangalengan pun tidak perlu khawatir karena susu murni tersebut sudah dijual di supermarket-supermarket di Bandung hingga ke pedagang eceran yang ada di pinggir jalan. Susu tersebut memiliki varian rasa seperti cokelat dan strawberry. Harganya pun cukup terjangkau hanya RP. 6.000,-.

   Susu KPBS Pangalengan


Dan tidak hanya itu susu tersebut diolah menjadi berbagai macam makanan yang berbahan dasar susu diantaranya kerupuk susu, permen susu (milk caramel), dodol susu, noga susu, yogurt dll. Dan permen susu nya menjadi makanan khas yang wajib beli jika berkunjung ke Pangalengan.
Produksi susu KPBS tidak kalah bagus kualitasnya dengan produsen susu yang ada di Indonesia terbukti mampu bersaing dengan Ultra Jaya dan perusahaan-perusahaan susu lainnya.  Namun seiring waktu berjalan menurut para peternak  yang ada di daerah Pangalengan yang memelihara sapi perah makin kesini makin berkurang dikarenakan banyak orang yang alih profesi menjadi petani sayur mayur.


Kopi Arabika Malabar Java Preanger

Selain susu murni, tidak banyak orang yang tahu kalau Pangalengan juga memiliki hasil perkebunan lain yaitu kopi. Yang terletak di ketinggian 1.000-1.400 mdpl membuat tanah di sekitar Pangalengan memang cocok untuk bertanam kopi. Kopi yang di produksi di Pangalengan yaitu Kopi Arabika Malabar java Preanger . Kopi tesebut berasal dari kopi hasil Kelompok Petani Kopi Rahayu, dimana para petani yang telah dilatih memahami dengan baik sistem dan teknologi budidaya kopi (GAP) meliputi penyiapan bibit, penanaman, dan pemeliharaan kebun sehingga kopi yang dihasilkan berkualitas baik.
Kopi Arabika Malabar Java Preanger sangat spesial karena menerapkan (GMP) pasca panen dimulai dari sortasi buah kopi, pengupasan, pencucian, pengeringan sampai menghasilkan greenbeans menggunakan Standar Operasional Baku Industri dengan pengawasan terkontrol tenaga ahli profesional dari P4S Rahayu Tani Malabar.

Kopi Arabika Malabar Java Preanger

Pengunjung bisa menikmati kopi tersebut yang sudah dijual di Kedai Kopi Malabar Indonesia yang terletak di Jl. Pasir Mulya suasananya yang dingin dan berkabut ditemani dengan secangkir kopi dan pemandangan yang hijau nan indah. Pastinya pemandangan dan suasana yang tidak bisa di dapatkan di tempat ngopi yang lain.

Malabar Natural di Kedai Kopi Malabar Indonesia

Dan yang tak kalah penting  Pangalengan juga dikenal dengan  produsen kopi luwaknya yang telah mendapatkan berbagai macam penghargaan di tingkat nasional terutama jenis kopi Arabika nya.  Keunggulan dari kopi luwak menurut penelitian ternyata bagi para penderita penyakit lambung aman untuk dikonsumsi serta Kopi Arabika nya sudah dapat sertifikat dari MUI. Kopi luwak tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kopi biasa.

Menu dan Harga di Kedai Kopi Malabar Indonesia

Salah satu menu yang menjadi andalan di tempat kopi luwak Malabar Pangalengan ini adalah kopi luwak tubruk. Sebalum disajikan kepada konsumen, kopi di diamkan selama beberapa menit kemudian dibuang ampasnya. Konon cara ini menjadi salah satu metode untuk menjaga kulitas rasa khas kopi luwak Malabar. Dan di sini pun kita bisa mendapatkan kopi luwak siap seduh yang bisa di bawa pulang dengan harga relatif murah Rp. 18.000,- per kantong.






Komentar

Postingan Populer